Laman

Rabu, 14 April 2010

Latar Belakang Prakerin

Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.


Program pendidikan sistem ganda sangat dibutuhkan dalam penguasaan kompetensi dan pembentukan sikap profesi siswa seperti tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan SMK yaitu :


1. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan terutama bertujuan untuk membekali peserta diklat mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran program adaktif, normatif dan produktif.


2. Pendidikan dan pelatihan di dunia kerja bertujuan untuk memberikan memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif standar, menginternalisasi sikap nilai budaya industri yang berorientasi kepada standar mutu,nilai-nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan, serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.


3. Tujuan penulisan "Laporan"

- Sebagai lanjutan dari pengembangan profosal yang telah disusun

- Sebagai bukti bahwa peserta melakukan praktik dalam dunia industri

- Untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang peserta lakukan selama peserta berpraktik dalam dunia industri.



1 komentar:

Charis mengatakan...

Terima kasih ya contoh latar belakang prakerinnya
Sangat bermanfaat.